Kesabaran adalah jiwa terbesar

Ass,

Kita tidak tahu mengapa manusia selalu diberikan ujian dan cobaan, tapi itulah bentuk kasih sayang Allah terhadap kita. Kita pernah menyesal dengan apa yang kita kerjakan krn tidak menghasilkan apapun, sebenarnya kita sering mengalami seperti itu .........mungkin sering juga menghakimi diri sendiri. Kita perlu sadari janganlah pernah melihat sesuatu karena kegagalannya tapi cobalah ingat-ingat apa yang selama ini diberikan Allah buat kita. Banyak sekali yang diberikan Allah kepada kita, tetapi kalau kita melihat kegagalan kita terus menerus maka kita tidak akan sadar akan keberadaan Allah disamping kita.


Dalam jiwa seseorang sebenarnya ditanamkan kebaikan tapi kitalah yang terkadang merusaknya. Jika kita ingin menjadi yang terbaik buat semua orang janganlah kita berputus asa dan sebaiknya yakin saja dengan bantuan Allah. Kita bisa konsultasi masalah dengan Allah disaat kita sholat, karena itu adalah suatu pegangan buat kita supaya kita tidak pernah kehilangan Allah di hati kita. Makanya kita harus menggunakan kesabaran.....Kita harus senantiasa menjaga hati kita...Kadang kita tidak pernah sabar dalam menghadapi sebuah cobaan. Bukannya syukur yang terungkap namun cemoohan. Padahal Allah SWT selalu akan menggantikannya dengan yang jauh lebih baik. Mungkin saja tidak sekarang tapi nanti. Dan itu pasti.

Sebagaimana kisah Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Hadist Riwayat (HR) Hakim, ternyata sabar selalu berbuah positif bahkan mampu memupus kejahilan. Tidak ada kamus kalah-menang untuk urusan yang satu ini. Dan, sekiranya kesabaran diterapkan sebagai sebuah ibadah, tidak ada istilah kesengsaraan dalam lembaran-lembaran kehidupan. Yang ada hanyalah kenikmatan yang tertunda.

Semoga kita senantiasa termasuk golongan orang-orang yang sabar...Amin.

Wass.